Jumat, 02/03/2012 07:26 WIB

Laporan dari Milan

Wawancara Eksklusif dengan Creative Director Salvatore Ferragamo

Ferdy Thaeras - wolipop

img
Dok. Getty Images
Jakarta - Massimiliano Giornetti (MG) memang tidak memiliki nama belakang Ferragamo atau darah dari keluarga tersebut, namun ia mau tidak mau harus meresapi DNA dari rumah mode asal Italia itu. Setelah 11 tahun menjabat menjadi perancang utama lini busana pria dari Ferragamo, ia pun direkrut untuk merancang koleksi busana wanita dua tahun terakhir. Berikut obrolan intim Wolipop dengan sang perancang di sela-sela perhelatan Milan Fashion Week 2012.

W: Bagaimana rasanya menjadi seorang creative director?
MG: Saya sudah bahagia dengan posisi sebelumnya di lini busana pria, namun saat diajak sarapan dengan Ferrucio Ferragamo dan Michele Norsa (CEO Salvatore Ferragamo Italia), mereka bilang saya perlu mengambil kesempatan ini untuk menjamin koherensi yang tepat antara masa lalu dan masa depan brand.

W: Sulitkah transisi dari merancang busana pria ke wanita?
MG: Saya ingin mencakup semua aspek kehidupan wanita; dunia kerja, sosialisasi, waktu keluarga hingga liburan. Saya tidak pernah menganggap wanita sebagai boneka yang harus didandani.

W: Adakah pembeli yang berbeda dari desainer Ferragamo sebelumnya, Cristina Ortiz?
MG: Sulit untuk membahas hal ini karena dia adalah teman baik saya. Kami menghabiskan banyak liburan bersama. Christina menginkan gaya yang glamor-di mana hal ini adalah salah satu sisi Ferragamo. Namun saya ingin tidak cuma glamor, tapi sesuatu yang mengombinasikan personaliti, tubuh, kehidupan sehari-hari, hingga gaya hidup. Sebuah kesalahan besar jika kamu berdandan ala rock star namun kamu bukanlah seorang rock star.

W: Apa reaksi Anda saat Lady Gaga berkolaborasi dengan Ferragamo?
MG: Terkesan tentunya! Dia adalah pembicara yang baik dan semua orang tergila-gila dengannya.

W: Apakah Anda bisa membayangkan Ferragamo dibuat menjadi fashion yang lebih cepat dan terjangkau? Seperti kolaborasi Ferragamo for H&M misalnya?
MG: Saya suka ide dimana Ferragamo bisa lebih dekat dengan pembeli baru, namun Ferragamo ibaratnya adalah makanan yang harus dikunyah lama. 'Slow-fashion'. Semua tentang detail, finishing, kualitas, dan kerajinan tangan. Kami harus mengembangkan Ferragamo sesuai dengan gaya aslinya. Satu hal, saya tidak akan bisa mengulang desain yang sama untuk koleksi kolaborasi H&M.

W: Apakah ini pekerjaan impian Anda?
MG: Ya, ini sudah saya impikan sejak berusia tujuh tahun. Saya melakukan hal ini dengan penuh hasrat dan kehormatan. Orangtua saya selalu mendukung apa yang saya lakukan.

W: Pertanyaan terakhir, apa yang tidak akan pernah Anda rancang untuk Ferragamo?
MG: Vulgaritas. Sangatlah penting untuk wanita Ferragamo terlihat elegan dan penuh sofistikasi.

Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!
(fer/hst)


Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


Whats Hot